Waspadai Penyakit Menular di Saat Cuaca Buruk

Penyakit Menular di Saat Cuaca Buruk

Cuaca Buruk

Di saat cuaca yang tidak menentu ini perlunya menerapkan pola hidup sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Apa lagi pada saat sekarang ini memasuki musim hujan dan berbagai jenis virus penyebab penyakit pun bertebaran.

Jika tidak dapat menjaga kesehatan, maka virus virus penyakit tersebut akan mudah masuk ke dalam tubuh Anda dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dan dapat menularkan kepada orang lain. Apalagi di tambah dengan cuaca yang sulit diprediksi disertai dengan angin kencang yang membuat virus penyakit dengan cepat menyebar. Untuk itu kita harus mengetahui jenis penyakit apa yang sering muncul pada saat musim hujan dan merupakan jenis penyakit menular.

Jenis Penyakit Menular yang Dapat Menyerang Tubuh

Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA)
Penyakit pertama yang dapat terjadi adalah infeksi saluran pernafasan. Udara dan lingkungan yang dingin pada saat musim hujan dapat membuat orang untuk diam di dalam ruangan. Hal ini dapat membuat virus penyakit mudah menular dari satu orang ke orang lainnya.

Yang paling sering menular adalah virus influenza, yang di tanda tandai dengan gejala hidung tersumbat serta berair, terasau nyeri pada bagian kepala, dan mengalami demam, dsb. Pada seseorang yang memang sudah memiliki riwayat asma, kondisi dingin seperti ini terkadang dapat memicu penyakit asmanya kambuh kembali.

Diare dan Gangguan Pencernaan Lainnya
Penyakit salanjutnya yang dapat terjadi akibat cuaca tidak menentu adalah diare. Saat musim hujan, pada beberapa daerah sering terjadi banjir. Banjir dapat menyebabkan wilayah tersebut menjadi kotor. Apa bila kebersihan lingkungan terutama pada makanan tidak sehat maka sangat mudah sekali terkena gangguan pada pencernaan yang biasa kita kenal dengan nama penyakit diare. Penyakit diare dapat di tandai dengan gejala BAB yang lebih sering ataupun biasanya berbentuk lebih cair dari biasanya.

Leptospirosis
Penyakit yang terakhir yang terjadi dikaranekan cuaca buruk adalah leptospirosis. Meski penyakit ini jarang dijumpai dan jarang yang mengetahuinya. Namun pada saat musim hujan dan banjir datang, kita tetap harus waspada terhadap kemungkinan terinfeksi penyakit leptospirosis ini. Leptospira biasanya terdapat pada air atau tanah yang terkontaminasi dengan urine hewan yang terinfeksi, contohnya pada hewan tikus. Keluhan yang sering terjadi antara lain demam, nyeri otot betis, kuning.

Nah itulah beberapa penyakit yang sering terjadi pada saat cuaca tidak menentu, terutama pada saat musim hujan. Untuk itu jagalah kesehatan dan kebersihan selalu, mulai dari luar hingga makanan yang kita makan agar terhindar dari bahaya penyakit menular tersebut. Semoga bermanfaat.

Please follow and like us:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *