Kenali Sakit Kepala

sakit kepala

sakit kepala

Sakit kepala pasti pernah dirasakan oleh semua orang baik muda maupun tua baik wanita maupun pria, karena gangguan kepala yang satu ini tidak memandang apapun si penderitanya. Di sisi lain mengatasi sakit kepala bukanlah hal yang sulit dilakukan, apabila kita memahami sakit kepalanya serta mengerti apa penyebab dari sakit kepala tersebut.

Mengetahui penyebab sakit kepala dapat membantu dokter untuk lebih mudah dalam penanganannya. Jadi saat ditanya dengan dokter tentang sakit kepala, jelaskan secara detail apa yang kita rasakan sehingga sakit kepala dapat ditangani dengan tepat. Karena sakit kepala bisa jadi bukanlah masalah yang serius bagi kesehatan.
Secara umum sakit kepala dibagi menjadi dua jenis:

Sakit Kepala Primer
Pengertian sakit kepala promer ini adalah sakit kepala yang terjadi karena aktifitas yang begitu padat sehingga menimbulkan rasa nyeri pada bagian kepala. Sakit kepala primer ini tidak disebabkan karena faktor obat-obat kimia. Beberapa orang mungkin memiliki gen yang dapat memicu meningkatkan risiko terjadinya sakit kepala primer. Sakit kepala primer contohnya antara lain seperti migrain, ketegangan sakit kepala, dan sakit kepala klaster.

Selain itu sakit kepala primer yang dianggap sebagai pemicu dari sakit yang menyebabkan kepala sakit. Sakit kepala tersebut meliputi: Sakit kepala kronis, Sakit kepala karena batuk dan Sakit kepala karena olahraga.

Sakit kepala primer ini disebabkan karena beberapa faktor yang dipengaruhi oleh gaya hidup antara lain:

  1. Pola makan yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi junk food dan fast food.
  2. Pola tidur yang tidak sehat seperti kurang tidur kebanyakan begadan.
  3. Postur tubuh yang buruk.
  4. Melewatkan jam normal makan, sehingga pusing dan sakit kepala.

Sakit Kepala Sekunder
Selain sakit kepala primer juga terdapat sakit kepala sekunder dengan gejala dari penyakit yang mengaktifkan saraf sensitif kepala. Penyebab dari sakit kepala sekunder antara lain:

  1. Sinusitis akut
  2. Pembekuan darah dalam jaringan otak, hal ini dapat menyebabkan stroke.
  3. Keracunan gas karbon monoksida.
  4. Sakit gigi
  5. Radang selaput otak
  6. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung MSG
  7. Terlalu sering menggunakan obat penghilang rasa sakit.
  8. Gejala flu, yang disertai sakit kepala.

Dengan mengetahui jenis dari sakit kepala serta penyebab dari sakit kepala tersebut kita dapat mengantisipasinya sedini mungkin. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Please follow and like us:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *