Pengobatan Medis Jantung Bengkak

Pengobatan jantung bengkak

Pengobatan jantung bengkak

Ketika anda mengalami gejala gejala pembengkakan jantung seperti sesak nafas, rasa nyeri dan panas di bagian dada, jantung berdebar debar, pusing, dll, tentu anda tidak boleh menyepelekan hal hal tersebut. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis agar dapat segera diketahui gejala gejala tersebut mengarah ke penyakit apa sehingga dapat dilakukan perawatan dan pengobatan yang tepat. Sembarangan meminum obat tanpa resep dan pemeriksaaan dokter akan beresiko menambah parah penyakit yang diderita atau malah akan menimbulkan gejala/alergi penyakit yang lain. Apabila anda ternyata memang mengidap jantung bengkak, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan selain menjalankan pengobatan medis yang diberikan dokter. Ada beberapa tips untuk mengatasi jantung bengkak, meskipun sulit untuk dapat menyembuhkannya. Dokter akan memberikan obat dan merekomendasikan perubahan gaya hidup untuk memperbaiki kondisi Anda sebagai berikut:
• Berhenti merokok.
• Istirahat cukup dengan tidur delapan jam setiap malam.
• Melakukan latihan atau oleh raga sederhana sesuai rekomendasi dokter.
• Mengontrol tekanan darah secara rutin.
• Mengendalikan diabetes jika ada.
• Menurunkan berat badan berlebih.
• Batasi jumlah garam dalam makanan.
• Stop konsumsi alkohol dan kafein.
Di samping itu patuhi juga pengobatan jantung bengkak yang diberikan oleh dokter yang biasanya meliputi:
1. Diuretik. Obat jantung bengkak ini berfungsi menurunkan jumlah natrium dan air dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi beban jantung.
2. Angiotensin Converting Enzyme (ACE) inhibitor. Untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kemampuan jantung memompa.
3. Angiotensin Receptor Blocker (ARB). Untuk memberikan manfaat seperti ACE inhibitor bagi mereka yang tidak dapat meminum ACE inhibitor misalnya karena alergi.
4. Beta blockers untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung. Digoxin. Obat yang dapat membantu meningkatkan fungsi pemompaan jantung.
5. Antikoagulan untuk mengurangi risiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Baca juga pengobatan jantung bengkak dengan obat tradisional jantung bengkak.

Nah itulah beberapa tips dan pengobatan medis yang biasa dilakukan oleh dokter spesialis jantung apabila anda terdiagnosa mengalami jantung bengkak, tentu pengobatan tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jadi lebih baik mencegah daripada mengobati, mulai saat ini jagalah kesehatan jantung anda dengan menjaga asupan makanan dan terapkan pola hidup sehat.

sumber : www.mayoclinic.org

Please follow and like us:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *